5 hal yang perlu kamu siapkan untuk menikah di masa pandemi COVID19 ini

                                            Sumber Gambar. liputan6.com



Pernikahan adalah bersatunya dua insan manusia dalam suatu ikatan suci yang disaksikan oleh orang tua, keluarga dan sanak saudara. Pernikahan identik dengan pesta atau resepsi. Tidak lengkap rasanya menikah tanpa melangsungkan resepsi, mengundang sanak saudara, tetangga, rekan kerja, dan sahabat untuk merayakan hari kebesaran di dalam hidup yakni pernikahan. Persiapan pun dilakukan dengan memakai Wedding Organizer ataupun jasa pelaminan. Tapi, bagaimana pernikahan di masa pandemi ini? Aturan untuk jaga jarak atau sosial distancing dilakukan pemerintah guna mengurangi penyebaran virus corona ini. Untungnya pemerintah tidak melakukan larangan untuk menikah di masa pandemi ini. Namun, saat ini resepsi tak bisa dilakukan seperti biasanya. Hanya ada akad nikah dan syukuran kecil-kecilan yang dilakukan oleh pasangan pengantin. Banyak yang menunda pernikahan sampai selesai wabah ini, tetapi banyak juga yang merelakan resepsi megah demi berlangsungnya pernikahan yang sudah di nanti dari jauh-jauh hari.  
Ada beberapa yang harus kamu persiapkan sebelum menikah, 

1. Persiapan berkas pernikahan

Agar tidak terkendala saat menikah nanti, kamu harus menyiapkan berkas pernikahan. Bagi kamu yang beragama Islam pengurusan dilakukan di KUA setempat. Dari KTP pasangan dan orang tua, KK sampai berkas pengantar dari RT/RW setempat. Pastikan berkas sudah lengkap minimal seminggu sebelum akad nikah. Agar tidak terkendala di hari H nanti.

Sumber gambar. weddingmarket.com


2. Mahar

Mahar adalah hal yang diucapkan saat akad nikah. Untuk itu pastikan mahar yang diberikan adalah hal yang terbaik untuk pasangan. Tidak perlu mahal, yang penting memiliki arti. Banyak pasangan terkendala menikah diakibatkan mahalnya mahar sang wanita, untuk di beberapa daerah mahar bahkan mencapai ratusan juta. Hal itu terjadi karena adanya pesta adat, resepsi dan biaya lainnya. Ketika wabah ini terjadi pesta pun ditiadakan. Sehingga pernikahan bagi sebagian orang di masa pandemi ini menghemat biaya. Bagaimana menurut kalian, guys? 

                                                         Sumber Gambar. Shopee.co.id

3. Catering

Meskipun tidak bisa melakukan resepsi, kamu tetap bisa mengundang kedua belah pihak keluarga. Tak lengkap rasanya setelah acara akad tanpa makan bersama. Kamu dapat menggunakan jasa catering rumahan, restoran atau bahkan masak sendiri untuk menjamu keluarga inti. Budget untuk catering berkisar dari Rp. 20.000 s/d Rp 150.000 / orangnya. Tetapi kalau ingin lebih hemat bisa juga menggunakan catering keluarga. Kurang apalagi coba,guys. Oh,yah jangan lupa mencicipi catering yang bakal kamu pakai yah. 

                                                          Sumber Gambar. popbela.com

4. Dekorasi 

Selain acara hantaran dan resepsi, acara akad nikah gak kalah pentingnya untuk di hias. Apalagi di masa pandemi ini, decor yang sederhana sampai dengan yang mewah sekalipun. Di saat kondisi normal decor untuk akad nikah selalu di nomor duakan, yang lebih utama yakni decor resepsi. Nah, saatnya berubah dan menomor satukan decor akad. Kamu bisa melihat konsep-konsep decor akad melalui medsos atau berbagai media online lainnya. Bisa menggunakan jasa wedding atau bahkan mendecor sendiri. Dengan menggunakan backdrop sederhana seperti tema rustic sampai tema glamour. Sesuaikan budjet kamu yah, guys.

                                                       Sumber Gambar. jogjadekor.com

5. Fotografer

Untuk merekam sebuah peristiwa dizaman era digital ini sudah sangat mudah sekali. Jasa fotograpi seakan menjadi suatu bisnis yang menjamur dimana-mana. Namun, jangan salah pilih potografer, karena hasil foto pernikahan yang buruk akan membuat kecewa seumur hidup. Tidak mungkin mengulang moment-moment indah pernikahan kembali. Untuk itu kamu harus mengenali fotografer kamu melalui karya-karyanya, coba lihat di media sosialnya. Biasanya para fotografer memosting hasil karyanya di medsos nya melalui akun Instagram ataupun Facebook. Coba pelajari karakter fotografer yang ingin kamu gunakan di acara akad nikahmu. Atau kamu juga bisa meminta rekomendasi fotografer dari teman-teman kamu yang sudah menikah. Biasanya mereka punya banyak rekomendasi dan sudut pandang yang berbeda. Tinggal kamu memilah mana yang sesuai dengan budget dan keinginan kamu.

                                                        Sumber Gambar.  beres.id
 






 
 

Komentar